Wisata Air Terjun Grojogan Sewu di Malang - Paket Wisata di Malang Wisatamalang.Co.Id
wisata di malang, tempat wisata malang, tempat wisata, wisata malang batu, batu malang, wisata batu, kota malang, kota wisata malang, wisata di batu, hotel malang, batu malang, hotel malang, kota malang, kota wisata malang, tempat wisata, tempat wisata malang, wisata batu, wisata di malang, wisata jatim

Wisata Air Terjun Grojogan Sewu di Malang

  • Posted by Dedi Mukhlas
  • at 7:51 AM -
  • 0 comments
Wisata Air Terjun Grojogan Sewu di Malang-Malang punya banyak tempat liburan yang masih alami, seperti air terjun Grojogan Sewu. Pemandangan air terjun ini cantik dan udara di sekitarnya masih segar. Yuk, habiskan libur akhir pekan Anda di sini! Kabupaten Malang di Jawa Timur memiliki hawa yang sejuk. Kota yang sangat terkenal dengan kuliner bakwan Malangnya ini memang merupakan kawasan pegunungan. Malang juga sangat identik dengan pariwisata.

Ada beberapa kawasan di Malang yang merupakan dataran tinggi, di antaranya seperti Kecamatan Batu, Pujon dan Ngantang. Di banyak dataran tinggi di Kota Malang ini, traveler akan menjumpai beberapa destinasi yang berupa air terjun atau biasa disebut coban dalam bahasa Jawa. Beberapa waktu yang lalu, kami sekeluarga berkesempatan mengunjungi seorang adik di kawasan Jalan Margo Basuki, Sengkaling-Malang. Kami berkunjung ke sana karena istri adik ini baru pulang dari studi S2nya di luar negeri.

Kebetulan anak semata wayang kami juga sedang libur kenaikan kelas. Mumpung banyak waktu luang maka melanconglah kami ke Kota Malang. Setelah beramah-tamah dengan adik dan keluarganya di Sengkaling, keesokan harinya kami  mengunjungi salah satu air terjun di kawasan Pujon-Malang. Kami berangkat agak pagi dengan mobil Toyota Starlet keluaran 1985 untuk menjelajah kawasan Pujon. Jalan menanjak dan berkelok merupakan sensasi tersendiri. Untung saja cuaca sedang bersahabat sehingga jalanan tidak licin.

Selama perjalanan kami menikmati panorama pegunungan yang cantik. Sambil sesekali, kami mengambil gambar pemandangan alam Pujon dari dalam mobil yang sedang melaju. Suatu ketika keponakan kami minta berhenti sejenak, karena ada pedagang durian di pinggir jalan. Anak, keponakan dan kami semua suka dengan buah yang harum baunya ini. Kami beristirahat sejenak, menepi dekat lapak penjual durian. Sambil menunggu mesin mobil dingin kembali, kami menikmati manis dan legitnya durian Desa Pujon.

Air terjun yang kami tuju kali ini bernama Grojogan Sewu. Mungkin, banyak traveler mengira kalau nama air terjun Grojogan Sewu itu hanya ada di Kota Karanganyar, Jawa Tengah. Jangan salah kira! Di Desa Bendosari, Pujon-Malang juga ada air terjun dengan nama yang sama. Bila traveler melakukan perjalanan dari Malang menuju Pujon maka air terjun ini bisa dilihat dari jalan raya dan memang letaknya tidak jauh dari jalan raya. Hanya kira-kira 100 meter dari jalan raya.


Untuk menuju air terjun ini kita harus berjalan kaki, karena memang akses jalan hanya memungkinkan untuk pejalan kaki saja. Traveler harus melewati jembatan masuk yang di bagian atasnya terpampang papan nama air terjun ini, kemudian berjalan melewati jembatan gantung. Setelah itu, traveler bisa menyusuri jalan setapak yang di pinggirnya terdapat hamparan sawah yang cukup luas. Air mengalir dan bebatuan sungai serta panorama sekitar yang menawan akan membuat kita betah berlama-lama di sana.

Seperti kebanyakan destinasi lainnya, traveler bisa menemukan sisa potongan lidi hio yang tak jauh dari objek wisata Air Terjun Grojogan Sewu ini. Rupanya tempat ini juga tidak luput dari sasaran para pencari rezeki yang sebelumnya melakukan ritual tertentu. Memasuki lokasi wisata air terjun ini, traveler tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Pengunjung hanya menyumbangkan uang seikhlasnya, ada sarana ibadah berupa musala kecil dan juga toilet yang terlihat baru dibangun.

Sayangnya, lokasi wisata ini belum terkelola dengan baik. Jalan masuknya hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki saja. Seandainya dibangun jalan yang mulus, mobil pasti bisa sampai ke lokasi tersebut. Lalu kalau didirikan tempat penginapan yang memadai dengan fasilitas-fasilitas yang mendukung, pasti lokasi wisata ini akan lebih ramai dikunjungi banyak orang. Warga sekitar penghasilannya akan bertambah dan pendapatan daerah akan meningkat pula.

Bagi traveler yang ingin menyambangi air terjun Grojogan Sewu, Pujon-Malang bisa dengan menggunakan angkutan umum dari Kota Malang jurusan Kediri. Ada minibus yang bisa mengantar Anda menuju lokasi ini. Semoga air terjun Grojogan Sewu yang berkonsep ekowisata ini memberikan 'seribu' manfaat bagi dunia pariwisata di Indonesia.

0 comments: