Merasakan Pelukan TAHURA RADEN SOERJO - Paket Wisata di Malang Wisatamalang.Co.Id
wisata di malang, tempat wisata malang, tempat wisata, wisata malang batu, batu malang, wisata batu, kota malang, kota wisata malang, wisata di batu, hotel malang, batu malang, hotel malang, kota malang, kota wisata malang, tempat wisata, tempat wisata malang, wisata batu, wisata di malang, wisata jatim

Merasakan Pelukan TAHURA RADEN SOERJO

  • Posted by Dedi Mukhlas
  • at 4:02 PM -
  • 1 comments

Meskipun banyak fasilitas yang kurang terawat, Taman Hutan Raya (Tahura)R. Soerjo tetapi bisa Anda jadikan alternatif wisata Kabupaten Malang. Minimal di kawasan ini Anda bisa menghirup udara segar, berendam di air panas yang mengandung belerang, atau melakukan wisata lintas rimba untuk melihat kekayaan flora-fauna di dalamnya.


Merasakan bersih dan sejuknya udara serta hangatnya air belerang alami tentu sangat menyenangkan. Paru paru seolah dibuat tersenyum lantaran udaranya bersih yang masuk di dalamnya. Kulit putih pun sersa ceria oleh belaian hangat air belerang yang mampu mengusir debu yang menempel atau jamur yang membuat noda. Itulah kira-kira sebagian manfaat berekreasi ke Tahura R.Soerjo. Objek wisata alam ini berada di kota Batu. Letaknya geografisnya yang berada di bawah Gunung Welirang membuat Tahuru R.Soejo berudara sejuk, suhunya berkisar 13-15 derajat celcius. Dari Kota Malang jaraknya sekitar 38 km atau 29 km dari Kota Batu. Bila anda ke sana, perjalanan menuju objek wisata alam ini sudah menjadi hiburan tersendiri. Selepas Desa Sumber Brantas Anda akan melewati jalan mulus dan berliku. Di kiri-kanannya Anda akan menikmati pemandangan indah berupa hamparan ladang sayur, kebon buah apel,serta kebun segala jenis bunga hias, seperti bunga krisan, bunga mawar, hingga bunga anggrek . Di areal masuk kawasan Tahura R.Soerjo deretan kios penjual makanan kecil dan oleh” menyambut anda. Di salah satu sisinya terpampang peta wisata yang menunjukkan lokasi objek – objek wisata di kawasan Tahura R.Soerjo. Tak jauh dari peta itu anda bisa menemukan loket tiket masuk. Dengan berbekal tiket yang anda beli, permandiaan air panas Cangar dan objek wisata lain di kawasan ini bisa anda nikmati. Di permandiaan air panas Cangar anda akan menemukan lima kolam yang terdiri atas dua kolam rendam terbuka, satu kolam rendam berdinding khusus untuk wanita, satu kolam renang dewasa dan satu kolam renang anak-anak. Dari kelima kolam itu, dua kolam rendam yang berdinding batu alam menjadi kolam rendam favorit. Tak heran kalau kedua kolam itu palig ramai didatangi pengunjung. Di kolam-kolam itulah anda bisa berendam dan menikmati hangatnya air yang mengandung belerang alam. Konon air tersebut dapat menyembuhkan penyakit kulit, rematik, sampai stroke. Sayangnya, lingkungannya di sekitar permandiaan ini sangat tidak terawat, sehingga tidak sedap di pandang mata.


Di Areal kolam renang anda juga bisa melihat kawanan kera berlompatan dari pohon ke pohon yang tumbuh di sekeliling areqa kolam. Anda bisa pula menemukan pedagang yang menawarkan minuman tradisional khas Cangar. Badek namanya. Minuman tradisional berupa air tapai ketan hitam ini di jual pergelas, per botol kecil, dan per botol besar. Selain minuman itu, pedagang yang sama juga menjual tapai ketan hitam yang dikombinasikan dengan lontong ketan putih . Usai berendam dan menikmati makanan dan minuman tradisional, anda bisa melanjutkan dengan wisata lintas rimba. Di kawasan taman hutan raya ini anda dapat menjumpai macam-macam tumbuhan liar macam cemara, saren, pasang, kemlandingan gunung, dan berbagai jenis tumbuhan bawah seperti padi-padian. Nama tiap tanaman umumnya dicantumkan pada papan informas pada tanaman tersebut. Anda dapat pula melihat beberapa jenis satwa liar macam rusa, kijang, babi hutan, lutung jawa, kera abu-abu, budeng, dan berbagai jenis burung seperti tekukur dan kerenda. Kalau masih belum capai, cobalah tengok pula Gua Jepang. Gua yang dibuat oleh penjajah Jepang pada saat perang dunia II hampir berakhir itu menjadi saksi bisu sejarah pada masa penjajahan Jeapang. Gua tersebut dijadikan bunker unttuk menyimpan barang sekaligus sebagai tempat perlindungan. Di lokasi wisata air panas Cangar terdapat beberapa goa jepang. Namun hanya beberapa yang masih bisa dimasukin, karena yang lain telah tertimbun.


Lokasi : Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu . Buka : Pukul 07.00-16.00 WIB Harga tiket masuk Rp 2.800 per orang Fasilitas pendukung : Gazebo, pusat informasi, pendopo, pondok wisata, penyewaan tikar dan pakaian renang, kantin/ warung makan, mushola, tempat parkir, dan toilet umum.


Turrima Ticket & Travel
Jl. Coklat no. 9C (Poros Soekarno Hatta) Malang 65141
Phone : +62 341-482122 | Fax : +62 341-408767 | SMS : 08 222 100 5555 | BBM : 33047D8F

1 comment:

  1. mengapa tidak dicantumkan asal artikel ini dari Buku "Where to Go Malang" nya Intisari?

    ReplyDelete