Berendam di Air Alam Permandian Wendit - Paket Wisata di Malang Wisatamalang.Co.Id
wisata di malang, tempat wisata malang, tempat wisata, wisata malang batu, batu malang, wisata batu, kota malang, kota wisata malang, wisata di batu, hotel malang, batu malang, hotel malang, kota malang, kota wisata malang, tempat wisata, tempat wisata malang, wisata batu, wisata di malang, wisata jatim

Berendam di Air Alam Permandian Wendit

  • Posted by Turrima Ticket
  • at 2:11 AM -
  • 0 comments
Wendit Water Park terletak di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Dari pusat Kota Malang berjarak sekitar 8 kilometer dan berlokasi di tepi jalan utama arah ke Tumpang dan Gunung Bromo. Jika menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Arjosari Malang, naik angkutan umum jalur TA (Tumpang-Arjosari) warna putih kombinasi hijau. Sementara bagi pengunjung yang menggunakan pesawat, dari Bandara Abdulrahman Saleh bisa langsung ke kawasan ini yang hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari bandara. Wendit adalah sebuah telaga alami dengan kedalaman 2 meter dan suhu udara antara 18-25° Celsius. Air pemandian berasal langsung dari sumber mata air pegunungan yang juga dimanfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang. Dahulu nama tempat wisata ini adalah Taman Rekreasi Pemandian Wendit, lalu Pemkab Malang melakukan renovasi dari 2006-2008. Saat itu tempat ini hanya menyuguhkan wisata air berupa kolam renang serta danau buatan yang dilengkapi perahu berkeliling danau. Pada tanggal 11 Mei 2008 tempat wisata ini mulai dibuka untuk umum dengan nama baru, Wendit Water Park. Sekarang seluruh kawasan di area seluas 9 hektar ini telah dilengkapi dengan fasilitas wisata tambahan untuk memanjakan pengunjung dan di bawah pengelolaan UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Wendit Water Park.

Wendit Water Park terletak di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Dari pusat Kota Malang berjarak sekitar 8 kilometer dan berlokasi di tepi jalan utama arah ke Tumpang dan Gunung Bromo.

Konon nama Wendit berasal dari kata Wendito, yang artinya Pendito atau Pendeta. Pada zaman dulu, masyarakat Tengger mengambil air suci dari Gunung Widodaren yang termasuk dalam gugusan Pegunungan Bromo. Namun, lama kelamaan akibat terjadi pergeseran Gunung Widodaren yang menyebabkan sulitnya akses menuju lokasi air suci tersebut. Lalu para pendeta bersemedi kepada Sang Pencipta. Pendeta lalu memilih Bukit Mangliawan sebagai tempat bersemedi dan didapatlah mata air yang kemudian dinamakan Wendito. Akhirnya masyarakat setempat percaya air di Wendit sama sucinya dengan air Widodaren di Bromo. Nama Desa Mangliawan sendiri konon berasal dari cerita Ramayana dengan tokoh Hanoman. Sedangkan monyet-monyet di sini dipercaya sebagai punggawa kerajaan dari Tengger. Menurut masyarakat setempat, Candi Wendit dijadikan sebagai tempat peristirahatan Raja Majapahit saat perjalanannya mengunjungi Candi Jago.

Sekarang Pemandian Wendit bersanding dengan Wendit Water Park. Fasilitas yang disediakan saat ini meliputi kolam renang anak-anak, kolam renang dewasa, kolam arus, area pemancingan, kolam spa, waterboom, carousel, bombom car, worm coaster, perahu angsa, sepeda air, mandi bola, delman domba, flying fox, sepeda trail, ATV, dan beberapa wahana maupun fasilitas penunjang lainnya. Jika dahulu pemandian dibuka sampai tengah malam, sekarang Wendit Water Park hanya dibuka sampai jam 5 sore. Di kolam renang anak juga terdapat gelas tumpah yang disenangi anak-anak. Rerindangan pohon jati diisi dengan berbagai arena permainan anak dan juga taman bermain serta kios penjual makanan dengan tatanan trotoar serta taman yang indah dipandang mata.

Harga tiket masuk ke Wendit Water Park cukup terjangkau, hanya sebesar Rp 15.000,- untuk dewasa dan Rp 10.000,- untuk anak-anak serta Rp 2.000 untuk parkir kendaraan. Sedangkan tiket perahu dayung Rp 5 ribu untuk sekali putaran, perahu dayung sedang Rp 20 ribu per jam, perahu dayung kecil Rp 15 ribu per jam dan kolam renang internasional sebesar Rp 25 ribu. Namun untuk menikmati lokasi tambahan seperti waterboom dan pemandian spa, masing-masing dikenakan biaya Rp 10 ribu. Di area Wendit Water Park juga terdapat restoran apung, kantin, tempat outbond, spa, cottage, dan toko cinderamata. Yang membedakan dengan tempat wisata lainnya, WWP juga menyediakan pernak-pernik dan oleh-oleh khas Malang, penyewaan pendopo, sound system untuk acara keluarga atau pesta ulang tahun.

Keunggulan yang dimiliki Wendit adalah sumber air pemandian berasal langsung dari sumber mata air pegunungan. Masyarakat setempat mempercayai air di Pemandian Wendit bisa menyembuhkan penyakit, membuat enteng jodoh, murah rejeki serta membuat awet muda. Sumber mata air tersebut berasal dari sendang yang sekarang bernama Sendang Widodaren. Masyarakat setempat percaya, khasiat air di lokasi pemandian Wendit sama dengan air Widodaren yang berasal dari Gunung Bromo, yakni untuk kesembuhan dan kesehatan. Menurut warga, air itu merupakan rembesan dari Bromo lalu mengarah ke Wendit, hal ini didasarkan dari letak geografis lokasi Desa Mangliawan, yang merupakan salah satu akses menuju kawasan Gunung Bromo.

Pengunjung yang datang ke WWP akan disambut empat patung Hanoman di dua pintu masuk Wendit Water Park, yang merupakan lokasi habitat monyet ekor panjang yang mirip seperti Hanoman. Lalu pengunjung akan memasuki areal tempat wisata dengan melewati sebuah goa berbentuk kepala raksasa (Bahasa Jawa: Buto) yang membuka mulutnya. Di dinding goa terdapat ukiran monyet yang sedang bergelantungan di pohon dan ukiran tokoh pewayangan Hanoman. Di bagian dinding yang lain terdapat ukiran seorang laki-laki yang sedang bertapa. Setelah keluar dari goa, terdapat sebuah miniatur pesawat TNI 1102. Beberapa meter kemudian terdapat sebuah pendopo diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin beristirahat setelah berjalan-jalan menikmati keindahan Wendit.

Yang menarik di Wendit terdapat ratusan monyet yang dibiarkan bebas berkeliaran. Monyet di sini berjenis kera ekor panjang (macaca fascicularis). Di hutan kecil Wendit terdapat puluhan jenis pohon seperti beringin, jati, kelapa, pinus dan kedoya menjadi lokasi bagi monyet itu untuk hidup dan bergelantungan bermain-main. Monyet-monyet jinak ini merasa tidak terusik dengan kehadiran pengunjung. Pengunjung juga bisa memberikan makanan kepada monyet-monyet tersebut. Di sejumlah warung di lokasi wisata ini menyediakan makanan yang disukai kera seperti jagung dan kacang tanah. Tetapi pengunjung harus tetap waspada, karena jika lengah monyet-monyet itu akan mengambil tas yang biasanya berisi makanan.

Di Wendit, pengunjung bisa menikmati telaga dengan perahu kayu yang akan membawa berkeliling telaga. Terdapat dua macam perahu, yaitu perahu dengan bantuan diesel dan perahu kayuh. Selain itu, pengunjung dapat menggunakan sepeda air serta naik perahu naga sambil mengitari telaga. Di sekitar telaga terdapat restoran dan beberapa pondok wisata. Di sekeliling telaga kera-kera yang jinak menjadi daya tarik tersendiri, mereka dibiarkan lepas mendekati pengunjung. Bangku-bangku santai berjejer di tepi pemandian. Di sini, wisatawan juga bisa melihat beberapa peninggalan sejarah berupa arca kuno tersebar di sekeliling Pemandian Wendit. Kalau ingin berkeliling mengitari kawasan hutan di Wendit, pengunjung bisa menyewa kuda dengan pemandu yang memakai seragam ala punggawa kerajaan tempo dulu. Para pemilik kuda ini biasanya mangkal di depan gerbang raksasa.

Beragam wahana ada di Wendit Water Park, mulai dari wisata kolam arus, water boom, sampai ke wisata perahu. Suasananya sekarang terlihat jauh lebih luas dan lebih asri. Selain itu juga tersedia berbagai macam permainan anak-anak dan panggung terbuka. Pengunjung bisa mencoba beberapa wahana seperti kolam arus. Di kolam renang arus ini sudah disediakan banyak ban dalam mobil yang sudah dipompa. Pengunjung akan meluncur mengikuti arus dimulai dari arus yang paling dangkal kemudian berputar sampai di arus yang paling dalam. Airnya pun bening dan bersih, karena berasal dari sumber yang cukup deras.

Terdapat walking water ball di kolam pemandian dewasa. Balon raksasa ini berjalan di permukaan air pemandian dewasa. Walking water ball yang itu menggunakan bola karet raksasa dengan diameter kira-kira 1,5 meter dan tinggi 1,5 meter. Selain walking water ball, sensasi lain yang ditawarkan adalah flying fox yang meluncur dari ketinggian pepohonan kemudian melintasi di atas kolam pemandian. Selain kolam renang umum Wendit Water Park, juga menyediakan kolam spa. Kolam dengan dasar lantai dari batu-batuan alam, airnya yang dingin dan segar ditambah dengan taburan bunga mawar. Kolam renang spa ini bersebelahan dengan Sendang Widodaren dan makam Mbah Kabul. Tiket kolam spa ini hanya Rp. 10.000, dan pelayanan spa ini meliputi full spa treatment, body scrub, hand and foot massage, back massage dan lain-lain. Tiap hari libur lebaran, Wendit selalu ramai dikunjungi wisatawan dan biasanya pengelola menyediakan panggung orkes dangdut yang sangat diminati pengunjung.

Wahana di Wendit Water Park:
1. Kolam Arus, Rp. 10.000/sekali masuk
2. Mandi Bola Rp 5.000/orang
3. Kolam Spa Rp 10.000/orang dilengkapi dengan spa message
4. Tiket perahu motor Rp 5.000/orang
5. Wahana Flying Fox Rp 10.000/orang
Alamat Wendit Water Park:
Jl. Mangliawan Pakis – Kabupaten Malang
Telp. 0341-7751508, 7352112, 7302786
Fax. 0341-456622

0 comments: